Berkat Ion 2, Grafis Netbook Bakal Makin Garang

Jakarta - Produsen chip grafis, Nvidia, telah resmi menghadirkan Ion 2. Chip ini akan meningkatkan kemampuan grafis pada perangkat berbasis Intel Atom seperti Netbook atau Nettop.

Ion 2 merupakan julukan untuk jajaran chip Ion terbaru dari Nvidia. Penggunaan chip ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuan Netbook atau Nettop yang menggunakan Intel Atom. Misalnya, digunakan untuk memutar video 1080p atau memainkan game DirectX 10.

Seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Selasa (2/3/2010), Nvidia mulai menerapkan teknologi Optimus dalam Ion 2. Lewat teknologi ini, penggunaan chip grafis Ion 2 bisa dilakukan secara bergantian dengan grafis terintegrasi dalam prosesor Intel Atom.

Nvidia pun mengklaim Ion 2 mampu menghemat penggunaan baterai berkat teknologi Optimus tersebut. Bahkan memungkinkan penggunaan hingga 10 jam, pada skenario tertentu.

Akan ada dua jenis Ion yang hadir ke pasaran, versi 16-core dan versi 8-core. Beberapa vendor disebut-sebut sudah bersiap menerapkan Ion di jajarannya, termasuk di antaranya adalah Acer Aspire One 532G yang akan menggunakan Ion 2 versi 8-core.

Selain itu, seperti dikutip dari Engadget, Asus juga disebut akan meng-update jajaran Eee PC 1201PN, Eee Top 2010P serta Eee Box dengan kemampuan grafis baru ini. Lenovo lewat C200-nya, serta Acer Aspire Revo juga dikabarkan akan menerapkan Ion 2.

Ion 2 seharusnya, secara teknis, mampu menghadirkan netbook dengan kemampuan HDMI output, Blu-Ray 1080p, Windows 7 Home Premium (jadi bukan hanya Windows 7 Starter Edition) dan game kelas DirectX 10.

Belum ada Komentar untuk "Berkat Ion 2, Grafis Netbook Bakal Makin Garang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel