Ditenagai Helio P60, OPPO R15 Rilis di MWC 2018

Perhelatan Mobile World Congress masih berlangsung di kota Barcelona, Spanyol. Beberapa brand besar memanfaatkan MWC 2018 ini sebagai ajang untuk pamer atau unjuk gigi produk terbaru yang akan menjadi andalan dalam mengarungi tahun 2018 ini, lihat saja HMD dengan brand NOKIAnya yang merilis smartphone baru, Asus yang merilis zenfone 5 series, serta Samsung yang juga merilis smartphone andalan mereka yang terbaru yaitu galaxy S9 dan S9+.


Tak mau ketinggalan dengan yang lain, apalagi ketinggalan dari pesaing utama mereka (snapdragon) dalam hal pembuatan prosesor untuk mengisi dapur pacu smartphone terbaru di tahun 2018. Mediatek melahirkan prosesor andalan mereka yang terbaru pada ajang MWC 2018 di Barcelona yang di beri nama HElio P60.

Membahas Helio P60 sendiri, SoC (System on chip) ini mengusung teknologi artifical intelligence bernama NeuroPilot yang dapat memaksimalkan kinerja serta efisiensi dari prosesor ini. SDK dari Helio P60 (NeuroPilot) juga kompatibel dengan SDK besutan Google yang disebut Neuro Networks, serta kompatibel juga dengan framework AI yang banyak digunakan produsen seperti TensorFlow, Caffe, Caffe 2dan TF Lite.

Mediatek menyematkan GPU Mali-G7 MP3 yang di gadang-gadang bekerja lebih cepat 70% dari GPU mali sebelumnya, selain itu Helio P60 juga mendukung RAM 6 GB, LTE Cat 7 dan Cat 13, serta yang tidak ketinggalan yaitu dual sim.

Chip Mediatek Helio P60 mempunyai delapan inti yang terdiri dari empat ini Cortex-A37 dengan kecepatan 2.0 GHz dan empat lini Cortex-A53 bercepatan 2.0 GHz juga, dengan perpaduan ini P60 disebut bakal lebih cepat 70% soal kinerja dari pendahulunya Helio P23 dan Helio P30.

Helio P60 mempunyai triple-image signal procesor (ISP) yang mendukung setup kamera ganda 20 MP dan 16 MP atau singgel kamera yang mencapai 32 MP. Yang jadi perhatian dari ISP ini mampu menghemat konsumsi baterai 18% lebih hemat. Saat digabungkan dengan AI Accelator, aplikasi kamera akan mampu menyempurnakan dan overlay secara real-time.

Mediatek dalam menciptakan Helio P60 menggunakan proses fabrikasi FinFET 12nm yang diklaim lebih powerful tapi dengan konsumsi daya yang tetap irit.


Kabar terbaru produsen smartphone pertama yang akan menggunakan chip Mediatek ini adalah OPPO produsen asal negeri tirai bambu yang merilis jagoan terbaru mereka dengan kode OPPO R15, walaupun dalam peluncurannya pihak Mediatek belum menyebutkan OEM mana yang pertama menggunakan Helio P60 ini. Namun gosip ini dihembuskan oleh cuitan akun @MMDJ_, yang menuliskan bahwa OPPO R15 akan menggunakan prosesor Mediatek Helio P60.

Hal ini jelas sangat mengejutkan beberapa pemerhati teknologi, dimana pada seri R sebelumnya OPPO kerap kali bekerja sama dengan Snapdragon dalam urusan dapur pacunya, seperti snapdragon 660 yang mentenagai OPPO R11, R11 plus, R11s dan R11s plus. Tapi jika dilihat dari bocoran gambar R15 yang sudah banyak beredar di internet banyak yang memprediksi bahwa OPPO akan kembali menggunakan prosesor snapdragon yaitu seri 670 tapi prediksi itu kayaknya tak akan menjadi kenyataan karena saat ini snapdragon belum membuat prosesor 670 tersebut.


Tapi bukan hal yang mustahil juga jika OPPO akan bekerja sama dengan Mediatek karena dua vendor ini sudah sering bekerja sama dalam membuat smartphone sebut saja seri A dan seri F seperti F5 yang cukup sukses menggebrak pasar smartphone dunia. Benartidaknya prediksi ini kita tunggu saja saat R15 dirilis OPPO yang kemungkinan tidak akan lama lagi mengingat teaser  ponsel ini sudah beredar di dunia maya.

Belum ada Komentar untuk "Ditenagai Helio P60, OPPO R15 Rilis di MWC 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel